Asal Mula Piala Dunia FIFA

Asal Mula Piala Dunia FIFA

Piala Dunia, secara resmi Piala Dunia FIFA, dalam sepak bola (soccer), turnamen empat tahunan yang menentukan juara dunia olahraga. Ini mungkin merupakan acara olahraga paling populer di dunia, menarik miliaran pemirsa televisi setiap turnamen. Kompetisi pertama untuk piala diselenggarakan pada tahun 1930 oleh Fédération Internationale de Football Association (FIFA) dan dimenangkan oleh Uruguay. Diadakan setiap empat tahun sejak saat itu, kecuali selama Perang Dunia II, kompetisi ini terdiri dari turnamen tingkat internasional yang mengarah ke babak penyisihan akhir yang terdiri dari 32 tim nasional.

Asal Mula Piala Dunia FIFA

Tidak seperti sepak bola Olimpiade, tim Piala Dunia tidak terbatas pada pemain dengan usia atau status amatir tertentu, sehingga kompetisi lebih mirip dengan kontes antara pemain terbaik dunia. Wasit dipilih dari daftar yang diajukan oleh semua asosiasi nasional. Piala piala yang diberikan dari tahun 1930 hingga 1970 adalah Trofi Jules Rimet, dinamai sesuai dengan orang Prancis yang mengusulkan turnamen tersebut. Piala ini diberikan secara permanen pada tahun 1970 kepada pemenang tiga kali Brasil (1958, 1962, dan 1970), dan piala baru yang disebut Piala Dunia FIFA disiapkan untuk kompetisi.

Banyak olahraga lain telah menyelenggarakan kompetisi “Piala Dunia”. FIFA, atau Federation Internationale de Football Association, adalah sebuah organisasi yang https://www.fsnoi.org/ didirikan pada tahun 1904 oleh perwakilan dari tujuh negara Eropa: Prancis, Belgia, Denmark, Belanda, Spanyol, Swedia, dan Swiss. Mereka mengkodifikasikan aturan main dalam pertandingan internasional dan kompetisi terorganisir. Namun, mereka awalnya tidak membayangkan menjadi tuan rumah acara Piala Dunia. Dari pertandingan sepak bola internasional pertama itu, minat terhadap kompetisi global mulai tumbuh.

Namun, kompetisi Sepak Bola Olimpiade sudah ada sebagai acara setiap empat tahun. Di tengah perdebatan yang tegang dan berkelanjutan antara FIFA dan Komite Olimpiade Internasional mengenai status amatir atlet, FIFA memilih untuk menjadi tuan rumah kompetisi internasional mereka sendiri, yang memungkinkan tim nasional untuk memilih pemain dari klub sepak bola profesional lokal. Turnamen Piala Dunia FIFA pertama terjadi pada tahun 1930 di Montevideo, Uruguay antara tiga belas tim. Lokasi ini dipilih karena Uruguay memenangkan emas Olimpiade untuk sepak bola pada tahun 1924 dan 1928, dan banyak perayaan mewah telah direncanakan untuk menghormati ulang tahun ke-100 negara tersebut.

Sayangnya, hanya empat negara Eropa yang hadir, karena masalah ekonomi di Eropa dan ketakutan para pemain akan kehilangan pekerjaan harian mereka jika mereka mengambil banyak waktu istirahat untuk pertandingan. Pertandingan pertama turnamen Piala Dunia pertama dimainkan pada 13 Juli antara Prancis dan Meksiko (Prancis menang 4 -1) dan Amerika Serikat dan Belgia (AS menang 3-0). Pada akhir turnamen yang mengukur keterampilan tiga belas tim yang bersaing, Uruguay memegang trofi untuk kemenangan Piala Dunia pertama.

Trofi ini akan secara surut dinamai untuk menghormati presiden FIFA, Jules Rimet, dalam upacara tahun 1946 untuk menghormati komitmennya terhadap organisasi dan olahraga. Setelah Brasil memenangkan Piala Dunia ketiganya, trofi Jules Rimet dipensiunkan dan trofi baru, Piala Dunia FIFA digunakan mulai tahun 1974 dan seterusnya. Pertandingan berlanjut setiap empat tahun hingga hari ini, dengan pengecualian dua kompetisi terjadwal. Pecahnya Perang Dunia II menghentikan kompetisi Piala Dunia sementara pertempuran semakin intensif, membatalkan pertandingan yang dijadwalkan pada tahun 1942. Pertandingan tidak akan diadakan lagi sampai tahun 1950, di mana Uruguay menang untuk kedua kalinya dalam sejarah Piala Dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post